PEMBAHARUAN,SIAPKAH?

Gembala Menyapa
19 Februari 2019

PEMBAHARUAN,SIAPKAH?
1 Timotius 4:12-16

Pembaharuan, sebuah kata yg memiliki 2 sisi: ditakuti dan dibutuhkan. Ditakuti oleh orang-orang yg sudah terlanjur merasa nyaman dengan hidupnya, sehingga ketika terjadi pembaharuan akan mengganggu kestabilan hidupnya. Di sisi lain, pembaharuan merupakan sebuah kebutuhan, karena adanya kesadaran bahwa hidup ini tidaklah sempurna & juga terjadi perubahan terus menerus sehingga pembaharuan diperlukan untuk proses adaptasi.

Lalu pertanyaannya: “Siapa yg diharapkan menjadi pembaharu?”. Siapapun punya hak yg sama, namun lebih baiknya dilakukan oleh kaum muda. Karena pembaharuan berhubungan dengan masa depan. Masa depan adalah milik kaum muda.

Pemberian kesempatan kepada generasi yg lebih muda adalah keniscayaan yg tidak dapat dihindari atau ditunda.

Paulus menasihati Timotius, orang muda yg dipercaya untuk memimpin jemaat Tuhan. Hal yg harus diperhatikan oleh Timotius adalah keteladanan iman & kasih yg mesti dinyatakan dalam hidupnya. Hanya dengan cara itulah orang tidak akan memandang kemudaannya.

Alkitab banyak memberi contoh bagaimana anak-anak muda diberikan kesempatan untuk berkiprah. Kita perlu belajar memberi apresiasi kepada kaum muda. Namun mereka bukanlah orang yg sempurna, mereka pasti akan melakukan kesalahan. Ketika itu terjadi, maka peran generasi yg lebih tua untuk mendampingi, menasehati dengan penuh kasih& persaudaraan. Bukan dengan nyinyir &menjatuhkan.

Di sisi lain, kaum muda jadilah pembaharu; bukan sekedar peniru & pembebek. Oleh karena itu hiduplah dalam iman, kasih & pengharapan.

#SalamWelasAsih

NB: jika merasa diberkati melalui renungan ini, kirimkan ke saudara-saudara yang lain

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *